Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Oktober 2016

Viar VSR 200R

MENGATASI MASALAH VIAR VSR

Kali ini kita akan bahas seputar masalah atau kendala pada motor Viar VSR 200 untuk yang sudah di modif ataupun yang masih standar pabrikan. Sebelum nya tidak bisa kita pungkiri bahwa motor 100% tidak memiliki masalah, pasti ada saja masalah yang terjadi pada semua motor dengan merk apapun.. Untuk alasan sebab akibat..juga kita tidak bisa 100% akurat.. Dikarena kan berbagai macam situasi dan kondisi seperti cuaca, medan jalan, rakitan pabrikan dan lain-lain. Tidak bermaksud untuk menjatuhkan merk Viar atau merk lain nya, hanya apa yang dibahas adalah fakta yang biasa terjadi dilapangan dan karena berbagai macam faktor sehingga motor menemui kendala atau masalah, dan apa yang saya tulis merupakan kumpulan informasi dari para pengguna VSR serta berbagai macam teori dasar yang patent ( tidak asal2an atau mitos2an ). ( faktor hoki dan ganteng juga pengaruh yah gan wakwkaw ). Langsung kita bahas dibawah ini. ( jika trouble masalah atau kendala yang tidak ada dilist ini, mohon ditambahkan dan diperbaiki juga jika ada yang salah-salah ). Masalah atau Kendala pada Viar VSR 1.A: gan ane baru beli VSR nih..ko suara mesin nya berisik bgt yah dan suka mati sendiri mesin nya..itu kenapa yah gan..? jawab : wah selamat menikmati Vsr baru nya gan :D , untuk mesin viar VSR 200 memang karakter suara nya sedikit kasar, tapi bukan berarti buruk dan untuk mengurangi suara mesin tersebut coba agan ganti OLI nya yang bermerk seperti SHELL, Castrol khusus motor sport atau bisa pakai oli diesel MEDRITAN SX, dijamin suara mesin lbh halus dan mesin lebih bertenaga. dan untuk mesin yang suka mati sendiri, coba agan cek Langsam nya terlalu rendah atau tidak..disaran kan Langsam VSR tidak kurang dr RPM 1100 pada jarum dispeedo meter dan tidak lebih dari 2000. dan jika langsam dirasa sudah cukup..tapi tetap sering mati mesin nya.. monggo aki nya di cas ulang ke bengkel aki. Seharus nya viar vsr nya langsung berasa super.. Akan tetapi jika masih juga sering mati setelah 2 saran diatas.. coba agan pakai Stabilizer Aki, merk Xtra power atau XCS ( ditokopedia atau dibukalapak ). dan jika masihhhh jugaaa...coba diklaim garansi ke Dealer VIAR nya..mungkin bermasalah dengan AKI bawaan nya. 2.A: gan ko baru beli lampu led kecil2 nya yang dibelakang dan depan ada yang mati sih?kan jadi ga keren lagi..?knp itu dan gmn cara mengatasi nya? jawab : bisa diingat pada nomor 1, kelistrikan biasa nya kurang stabil..terkadang kelistrikan bisa kurang daya atau bahkan kelebihan daya, maka dari itu akan berpengaruh kepada komponen-komponen yang membutuhkan listrik lain nya, ada pepatah mengatakan.. 'besar pasak dari pada tiang nya' mksd nya adalah jgn sampai kelistrikan yang terciptakan VSR itu lbh besar daya butuh nya dari pada daya yang dihasilkan nya, sehingga membuat Vsr kekurangan daya listrik.. dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang membutuhkan listrik lain nya..seperti lampu depan dan belakang termasuk LED nya, untuk mengecek apakah sudah sesuai atau kurang..gunakan voltmeter.. atau cara simple nya coba agan nyalakan VSR dan nyalakan lampu utamanya.. dan lihat bar indikator aki dispeedo, apakah bar nya lama2 semakin berkurang atau bertambah atau menetap suatu bar..(normalnya menetap di 3 bar atau lebih, test nya dinyalakan saja tapi jangan digas ya gan) jika lama2 semakin berkurang sampai Vsr nya mati, tanda nya lebih besar kebutuhan daya ketimbang daya yang diciptakan nya, jadi coba dinaikan langsam nya agar stabil. dan lihat juga sorot lampu utama nya, coba digas sedikit dan lihat intensitas lampu nya..jika ketika digas lampu nya lbh terang dibanding saat tidak digas..berarti kelistrikan nya kurang stabil (kurang stabil bukan 'tidak stabil', hanya kurang stabil saja), maka disaran kan pakai aki stabilizer seperti yang sudah disaran kan dinomor 1. Agar kelistrikan berdaya rendah tapi hasil maksimal, disarankan juga mengganti lampu utama depan dan belakang, dengan lampu LED karena berdaya listrik rendah dan lebih awet. Hal diatas adalah cara mencegah atau agar lebih awet komponen-komponen listrik lain nya termasuk si lampu LED kecil2 pada bagian depan dan belakang. Jika sudah kepalang mati, lampu depan dan belakang (bagian LED nya) coba dibongkar dan dilihat..biasa nya ada timah solder yang copot atau putus..sehingga membuat LED itu mati beberapa buah..lalu agan solder ulang deh..bimsalabim..nyala lagi lampu LED nya. jika masih mati ketika disolder ulang..coba lihat kabel LED nya..bisa jadi putus juga.. atau si lampu LED kecil2 itu..memang rusak..bisa direplace atau diganti dengan lampu LED lain nya..bisa beli diToko Listrik..lalu pasang dan solder. 3.A: gan ko kalau lewat jalan yg ga rata sedikit aja..kyk ada bunyi besi beradu dibelakang motor.. itu sangat menganggu kenyamanan berkendara saya gan..kira-kira itu apa yah..? jawab : nah itu..penyakit bawaan pabrik..terletak pada kaliper ban belakang, sangat disarankan..mengganti karet kaliper cakram pada ban belakang, pakai punya supra dan harga nya ga mahal ko..kisaran 10rb-20rb..dan bimsalabim..bunyi aneh nya hilang.. agan bisa merasa nyaman lagi.. 4.A: gan ko rasa nya ban belakang saya berasa ga stabil yah..?knp tuh..?bahaya ga..? jawab : nah itu juga penyakit bawaan pabrik, terletak pada karet tromol yang kurang bagus, dan sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus, jadi sangat diwajibkan untuk ganti karet tromol pada velg belakang vsr..sangat wajib..bahkan disaran kan oleh mekanik viar nya sendiri..ingat safety riding lbh pentingkan..?jadi mohon diganti yah gan.. 5.A: gan ko saya merasa ada bunyi aneh lagi..pdhl udah ganti karet kaliper cakram belakang, tapi rasa nya bunyi itu terdengar dibagian tengah ke arah belakang..itu kenapa yah..? jawab : coba agan cek rantai nya kendor tidak..?kalau sangat kendor..mohon dikencangkan sedikit..tpi jangan terlalu kencang ya gan..lalu dicek juga..KARET TAHANAN RANTAI pada VSR masih utuh atau sudah robek2..jika sudah robek2..atau bahkan hancur..cepat diganti pakai punya nya KARET TAHANAN RANTAI jupiter MX.. dijamin bunyi ghaib nya skrg hilang dan lbh nyaman.. 6.A: gan ko pas oper gigi, keras banget yah pijakan nya..?itu kenapa gan..? jawab : untuk pijakan gigi vsr memang tidak bisa dikatakan halus, akan tetapi bisa diperhalus agar tidak keras..dengan cara membersihkan bagian-bagian yang tersambung dengan pijakan gigi nya..disaran kan disemprot juga dengan chain lube.. dijamin pasti lbh halus..ya gan.. tapi kalau masih terasa keras dan kadang suka slip gigi atau bahkan gigi nya nyangkut.. ( masukin gigi atas..pijakan nya tidak balik lagi ) diharapkan agan cepat kebengkel resmi atau bengkel terpercaya agan, takut nya bermasalah dengan kanfas kopling. 7.A: gan ko jarum RPM saya loncat-loncat naik nya..?jadi ketika saya gas..jarum nya naik tapi tidak secara konstan perlahan..melain kan loncat-loncat ke angka 1 lalu loncat ke angka 4..begitu juga ketika jarum rpm nya turun. jawab : wah ane pernah ngalamin nih yg kyk gini, beberapa user lain nya juga.. biasa nya hal ini terjadi dikarena kan beberapa kemungkinan berikut : *kelistrikan yang tidak stabil *karena ganti koil *karena ganti busi *karena speedo meter nya kotor dalam nya dan jangan panik ya gan, ane saran kan..aki nya agan restart dalam keadaan mati motor nya ( kabel aki minus dan plus nya dicopot dlu..baru dipasang lagi ) otomatis ketika direstart..speedo akan nyala sendiri dan monggo dicoba dinyalakan VSR nya dan digas dalam keadaan netral, masih loncat-loncat kah si jarum mungil nya..? jika sudah normal..selamat yah gan.. tapi jika masih loncat-loncat..coba direstart beberapa kali..dan coba dipakai jalan dlu sebelum direstart lagi.. jika masih bermasalah..monggo di copot speedo nya dari VSR lalu dibongkar Speedo nya.. ( tidak sulit ko ), setelah dibongkar..dibersihkan kotoran nya dengan kain halus atau kapas lembut yang sudah dipakaikan minyak kayu putih..lalu bersihan seluruh bagian speedo.. setelah itu pasang kembali dan restart kembali aki nya.. lalu dicoba lagi ya gan..seharus nya..masalah nya sudah hilang :D selamat..horee iyeeee lalalalala.. kalau masih bermasalah juga..coba diklaim ke dealer Viar nya ya gan..mungkin sudah rusak bawaan pabrik.. 8.A: gan kok motor saya sulit dinyalakan, walau sudah pakai kick starter, itu kenapa yah gan..? jawab : coba agan cek busi bawaan VSR masih bagus atau sudah gosong, dan cek juga perkabelan nya ada yang terjepit atau tidak, sehingga menghalangi listrik yang mengalir. 9.A: gan ko VSR saya ga mau nyala dan speedo saya mati juga, tapi dikick starter bisa nyala..itu kenapa ya ? jawab : pertama coba agan buka jok untuk mengecek aki, lepas kabel nya lalu pasang kembali, jika dispeedo tidak ada respon apapun, coba agan lihat sikring nya, yang didepan aki itu, cek apakah longgar, jika longgar tinggal dikencangkan saja, speedo pasti merespon, tapi jika ketika dikencang tidak ada respon pada speedo, coba agan copot si sikring nya, dan sambungkan si 2 kabel sikring tanpa sikring nya, jika speedo merespon, berarti sikring nya yang bermasalah, tinggal beli sikring dibengkel, lalu pasang kembali seperti semua..lalu coba nyalakan speedo nya..dan mesin nya.. fuala..vsr nya sudah kembali normal..akan tetapi jika hal diatas sudah dilakukan dan tetap sama.. coba agan lihat perkabelan kunci kontak (dibawah kunci kontak), karena perkabelan bawaan pabrik kurang rapih, terkadang ada kabel yang terjepit atau tertarik ketika kita belok atau tidak belok..sehingga membuat kabel tersebut putus bagian dalam nya (yg dilapisi plastik karet), dibuka saja 2 baut dibawah kunci kontak, lalu tarik kebawah dan periksa..apakah ada kabel yang putus dan apakah solderan timah nya masih merekat, jika putus atau timah nya terlepas, mohon disambung dan disolder ulang..dan skrg agan coba nyalakan VSR nya. 10.A: gan ko VSR ane gas nya ngempos( gas nya ilang ) pas handle gas ditarik mentok..? jawab : coba agan cek tuas chuk ( kalau ga salah namanya, tuas yang terletak dihandle stang sebelah kiri, dekat tombol-tombol lampu jauh dekat motor ), pastikan tuas nya tersetting mentok keatas, karena fungsi tuas ini..membantu untuk meringankan saat kita memanaskan mesin motor dipagi hari. kalau tuas tersebut aman, mari kita cek setelan angin karbu dan langsam karbu, jika tidak ada masalah pada setelan karbu tersebut..lalu kita cek sparepart pengapian motor ( busi, chop busi dan Koil ), pertama kita cek chop busi dan busi nya..apakah chop busi nya sudah terpasang dengan benar atau longgar, lalu cek juga si busi nya..apakah sudah gosong atau masih kinclong, lalu dicoba digas..atau dipakai jalan.. jika masih bermasalah..mari lanjut memeriksa Koil, apakah si koil terpasang dengan benar..tidak longgar..?(biasa nya terjadi pada VSR yang sudah ganti koil), coba nyalakan mesin..lalu gas..apakah si koil tersebut longgar dan terguncang-guncang.. jika ia..coba diperkencang atau perketat posisi memasangnya..bisa dipakaikan kabel TIES, dan juga cek pemasangan kabel koil nya tidak terjepit oleh body motor, karena jika terjepit..ini akan menghambat kelistrikan dan bisa menyebabkan mesin sangat panas atau overheat, jika masalah tersebut masih saja ada, kemungkinan besar..KOIL nya sudah jelek atau rusak..jadi silahkan ganti pakai KOIL bawaan pabrik atau KOIL merk lain yang sesuai, jika masih saja mengalami masalah yang sama setelah saran diatas... maka agan wajib membawa nya kebengkel Resmi untuk diperiksakan.. 11.A: gan knalpot ane ko suara nya nembak-nembak yah..?itu kenapa..? jawab : untuk masalah knalpot nembak-nembak suara nya..ketika dilepas gas saat RPM tinggi seperti RPM 6000 keatas..penyebab nya bermacam-macam..mari kita bahas satu persatu.. Pertama..setelan karbu angin dan langsam..itu harus pas ya gan..ga lbh dan ga kurang.. kedua..kalau sekira nya setelan karbu tersebut udh dapat yang pas..tidak nembak saat digas dalam keadaan netral.. nah itu tanda nya ada masalah lain.. coba lihat pengapian nya..VSR bawaan standar nya settingan BBM nya Super HEMATTTT.. jadi setelan nya diborosin dikit..biar tenaga nya nambah..termasuk tenaga buangan ke knalpot, ( ketukang bengkel kalau ga tau cara setting nya diborosin dikit ). kalau settingan sudah diborosin dikit..biasa nya suara knalpot sudah tidak nembak-nembak lagi. jika masih saja nembak, coba periksa leher knalpot apakah ada yang bocor?dan periksa jugas silencer knalpot, dibongkar dan dicek Gaswollnya (kain peredam suara knalpot yang ada didalam silencer knalpot), apakah si gaswoll nya sudah jelek,tipis atau bahkan sudah gembel wakwkwa, maka wajib untuk mengganti gaswoll nya tersebut ( dibutuhkan 2-3 gaswoll untuk silencer bawaan pabrik, dan 3-4 gaswoll untuk silencer yang bukan bawaan pabrik ). (berlaku bagi yang masih bawaan pabrik atau sudah modif knalpot fullsystem->silencer dan leher sudah diganti). tapi pada umum nya..terjadi karena setelan karbu yang kurang pas..tapi jika agan merasa blm pernah mengganti gaswoll selama 1-2thn, itu wajib memeriksakan silencer nya..karena standar nya gaswoll knalpot itu wajib ganti setelah 1thn pemakaian. jika semua sudah diperiksa dan masih sama saja nembak2 nya.. coba cek leher knalpot..biasa nya terjadi kebocoran yang dikarenakan karatan (pada bawaan pabrik), cek juga lobang dari mesin ke knalpot..karena ada beberapa kasus baut nya longgar atau bahkan hilang sehingga kebocor terjadi pada bagian awal yang menyebabkan tidak bekerja maksimal dibagian akhir knalpot (silencer). pengalaman saya..bagi yang masih memakai leher bawaan pabrik, coba dilepas leher knalpot nya dan periksa bagain karat nya dekat lubang sambungan ke mesin..itu sangat berkarat dan bahkan bolong-bolong kecil menyebabkan kebocoran. 12.A: gan ko rasa nya rantai saya berisik banget yah? itu knp gan..?bahaya ga? jawab : ohhh..itu rantai dan gear agan KOTOR, jarang dibersihin ya? atau BELUM PERNAH dibersihin..? kalau dibilang bahaya sih mungkin sedikit berbahaya dan akan jadi lbh berbahaya jika dibiarkan kotor..bersihkan lah Gear DEPAN & BELAKANG serta RANTAI paling tidak 1 Bulan atau 2 Bulan sekali.. Cara Membersihkan : [kondisi rantai hrs sudah dilonggarkan ya gan] *pertama kita harus melepaskan rantai(chain) terlebih dahulu, dengan memakai alat Tang, kita cari terlebih dahulu pengunci-rantai (seal-chain), pada bagian rantai..nanti ada bagian rantai dmn itu bisa dibuka oleh tang, dengan cara dijepit oleh tang. *setelah rantai lepas, kita lanjut untuk membuka BAK Gear depan, yang terletak pada mesin sebelah kiri, lebih tepat nya sebelahan sama besi delta box ( dibelakang mesin sebelah kiri awkwkwak ), dibuka dengan kunci T ukuran 8 atau 10 (ane ga hafal), setelah dibuka..kita copot si gear depan tersebut (mudah ko gan), untuk gear belakang tidak usah dibuka atau dilepas. *siapkan bahan-bahan dibawah ini : *1-2 Liter bensin premium (murah ini), atau Solar atau Minyak tanah (mahal). *sikat gigi dan kain bekas. *tempat untuk merendam rantai(chain) dan gear depan. (ane pakai baskom). *alat semprot mandi nya burung.(bli dipenjual pakan burung 9-10rb) *sabun cuci piring (sunligth ane mah) *ChainLube (wajib!) *cara membersihkan nya pertama-tama..untuk gear depan dan rantai..kita rendam di baskom isi bensin premium (jgn bnyk2 bensin nya karena untuk beberapa x rendaman). lalu setelah direndam beberapa kali (ane 2x rendam) sampai kotoran terangkat dan bersih agan sekarang cuci rantai dan gear depan dengan sabun cuci nya..setelah itu diLAP sampai kering. lanjut membersihkan gear belakang, dengan cara memakai alat mandi buruk..disemprot2 kan sambil disikat oleh 'sikat gigi', setelah terasa cukup dan sudah bersih gear belakang nya..cuci dgn sabun cuci lalu elap hingga kering.. lalu sekarang kita bersihkan bagian dalam BAK GEAR DEPAN, karena disitu juga pasti kotor..cara membersihkan nya sama dengan membersihkan Gear belakang..akan tetapi.. setelah di cuci dan di elap..langsung disemprot chainlube.. setelah semua itu dilakukan, lanjut ketahap pelumasan chainlube..semprot rantai dan gear depan serta gear belakang..lalu pasang kembali.. setelah terpasang seperti semula, agan boleh menyemprotkan kembali chainlube nya ke rantai..agar terasa maksimal.. lalu coba pakai VSR nya, saya jamin kecepatan VSR agan akan bertambah kira2 1-2km/hour pada speedo.. ( jika mula nya gigi 2 RPM 6000 hanya 43km/hour, setelah membersihkan seperti diatas, bisa bertambah menjadi 44km/hour atau bahkan lebih)

<div id="SC_TBlock_286967" class="SC_TBlock">loading...</div>

9 komentar:

  1. Gan, jika lampu depannya tidak terang (karena terlalu naik keatas, padahal tinggi shock depan sudah diturunin dari standar) itu gimana cara ngatasinnya ya? Kurang nyaman jika berkendara malam. Klo kita lihat, lampunya bisa nembak ke lantai 2 rumah orang. Padahal saklarnya udah untuk lampu dekat

    BalasHapus
  2. Gan motor viar karya 200 kok lampu belakang nya yg tenggah nyala terus? Itu kenapa yy

    BalasHapus
  3. Gan, ad diagram kelistrikan vsr gk?? Kirim ke email ane dong... Please...

    BalasHapus
  4. Gan, ad diagram kelistrikan vsr gk?? Kirim ke email ane dong... Please...

    BalasHapus
  5. Motor viar saya nyala tapi masuk gigi gak mau jalan apa kerusakanya

    BalasHapus
  6. Gan mau nanya per skep yang mirip karburator viar vsr apa yah ang

    BalasHapus
  7. Bos saya punya vsr 200 cc..mesin d bagian bak kopling bunyi klotok2..dan stat3rnya bunyi kasar banget coba solusinya bos...dan kalo mo ganti 0ersmaanya pakai sperpat apa

    BalasHapus
  8. bang vixs r saya di stater bisa, tp gk di gas mau jalan itu kenapa yah?

    BalasHapus
  9. JV Casino & Hotel | Jackson, MS Hotels
    JV Casino & 원주 출장마사지 Hotel is Jackson's favorite 창원 출장샵 place to stay in Jackson, MS 안산 출장샵 for the perfect weekend 안성 출장안마 getaway, entertainment and full-service 의정부 출장마사지

    BalasHapus